Warga Pribumi diusir warga asing

Apa jadinya jika warga negara Indonesia diusir oleh warga negara asing? Kejadian ini terjadi di Pulau Cubadak. Seorang bule mengusir wisatawan asal Indonesia karena tidak mendapat izin.

Pulau Cubadak terletak di kawasan Pulau Mandeh, Sumatera Barat. Karena keindahan alamnya, beberapa orang warga negera Indonesi berniat berkunjung sekaligus melakukan pemotretan. Pulau ini memang indah, banyak orang menyebutnya sebagai duplikasi Raja Ampat.

Darpius yang berdiri selaku tokoh masyarakat bercerita, ia tidak mendapat izin untuk berkunjung. Saat itu ia sedang mendekati bule yang lagi asyik bermain dengan anaknya.

"Kita orang lokal, paham di sini seperti apa. Biasanya diberi izin sebentar, paling lama setengah jam," tutur Darpius.

Penolakan berlanjut. Di saat seseorang ingin mengabadikan keindahan lewat video, tiba-tiba seorang warga negara asing memprotesnya.

"Jangan buat foto begitu, minta izin dulu," tutur salah seorang bule. "Tadi saya ambil gambar, tapi dilarang. Padahal, saya ambil pondok aja, bukan orang, tapi dilarang," terang kameramen.

Berbeda dari pemiliknya, di mata Darpius, pengelola pulau ini memang kurang ramah.

"Silakan diekspos saja, yang sekarang memang kurang ramah, (padahal) yang pemilik lama ramah," tutur Darpius. "Kalau dengan Mister Nani (orang yang menjadi pengelola sebelumnya) tidak, tapi pengelola sekarang merasa ini milik dia. Pemerintah harus bersikap," sambung Darpius.

Namun sebagian orang berpendapat, bahwa pengusiran ini karena bule sebagai pengelola merasa kurang nyaman dengan sikap pengunjung yang terlalu memandangi para bule yang sedang berjemur. Berikut video kontroversial yang memperlihatkan pengusiran oleh bule kepada warga Indonesia.

Sumber: Sidomi
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger