Perbedaan Pertalite dan Premium

Pertalite telah resmi dipasarkan beberapa waktu lalu. Bahan bakar ini menjanjikan kualitas yang lebih bagus dari jenis Premium, namun lebih rendah dari Pertamax. Harganya pun tidak terpaut jauh dari Premium dengan selisih sekira Rp 1.000. Harga Pertaliter Rp 8.400 per liter dan angka ini masih harga promo.

Memang belum semua SPBU menyediakan Pertalite. Pertamina baru melakukan tes pasar yang dilakukan di beberapa kota. Ke depannya, bahan bakar ini segera didistribusikan secara nasional dan diharapkan akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk beralih dari bahan bakar bersubsidi atau Premium.

Dikutip dari laman Okezone, antara Pertalite dengan Premium memiliki sejumlah perbedaan mendasar. Pertalite diproduksi dengan nilai kadar oktan atau research octane number (RON) 90. Sementara itu Premium hanya punya RON 88. Kedua nilai ini menjadikan keduanya memiliki penggunaan yang berbeda pada tipe mesin motor menurut rasio kompresinya.

Premium hanya cocok dipakai untuk motor yang punya rasio kompresi mesin di bawah 9.0. Sementara itu, Pertalite sangat disarankan untuk kendaraan bermotor yang mesinnya punya rasio kompresi 9.0 – 10.0. Sebenarnya motor keluaran terbaru yang kebanyakan sudah punya rasio kompresi mesin di atas 9.0 tidak pantas lagi menggunakan Premium.

Nilai oktan rendah dengan rasio mesin tinggi justru dapat menimbulkan efek knocking yang membuat tenaga menurun dan terjadi pemborosan bahan bakar. Knoking yang berkepanjangan justru bisa merusakkan piston.

Di samping itu, Pertalite lebih ramah lingkungan. Bahan bakar dengan warna hijau bening ini tidak mempunyai kandungan timbal yang membahayakan kesehatan. Sementara itu Premium kurang ramah lingkungan. Emisi udara yang dihasilkan dari Premium lebih besar.

Sumber: Sidomi
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger