Mau Nasi Tahan Lama, ini caranya

Menanak nasi di pagi hari, kadang berubah menjadi bau ketika sore tiba. Nasi bau adalah hal yang wajar pada sebuah makanan. Termasuk, nasi yang telah dimasukkan ke dalam alat penghangat (magic jar) bisa pula mengalami hal tersebut. Ternyata, masalah nasi yang aromanya tidak sedap berhubungan dengan uap yang muncul selama proses menanak.

Dikutip dari Liputan6, ada baiknya jika menanak nasi memakai megic jar atau rice cooker memperhatikan ketika kondisinya matang. Suara khas saat nasi matang menandakan bahwa Anda sebaiknya segera membuka tutup rice cooker lalu mengaduk-aduk nasi yang masih panas. Dari sinilah rahasia yang akan membuat nasi menjadi tahan lama tanpa bau.

"Setelah terdengar tanda atau bunyi nasi matang, segera aduk-aduk nasi agar uapnya keluar," Prof. Ir. Djoko Said Damadjati, pakar ilmu pangan dan teknologi.

Uap air inilah biang dari keawetan nasi. Jika nasi tidak diaduk, maka kandungan air pada nasi di bagian bawah masih tinggi. Air yang berlebih menyebabkan mikroba mudah datang dan akhirnya terjadi proses kimawi yang hasil akhirnya menimbulkan bau tidak sedap.

"Adanya air yang terlalu banyak di dalam nasi menyebabkan mikroba cepat berkembang, itulah yang menyebabkan bau," ungkap Djoko.

Sumber: Sidomi
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger