KPI: Spongebob Dihapus? Tom & Jerry Masuk Kategori Berbahaya

Benarkah film kartun Spongebob akan dihapus / dihentikan dari siaran televisi Global TV oleh KPI? Ternyata kabar tersebut tidak sepenuhnya benar. Film kartun Spongebob Squarepants dinyatakan masuk dalam daftar kategori hati-hati. Bersama film tersebut, ada pula Crayon Sinchan yang disiarkan oleh RCTI, juga masuk ke kategori hati-hati.

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang mengeluarkan peringatan bagi para orang tua untuk mengawasi tontonan favorit anak-anaknya itu. Selain kategori hati-hati, ada kategori berbahaya untuk jenis tontonan anak-anak lainnya.

Yang masuk kategori berbahaya: Kartun Bima Sakti tayang di ANTV, Little Krisna tayang di ANTV, serta Tom & Jerry tayang di RCTI, Global TV, serta ANTV.

Alasan ketiga film kartun tersebut masuk dalam kategori berbahaya adalah karena banyak menampilkan adegan kekerasan seperti saling memukul, membalas pukulan dengan lebih kejam, balas dendam, cekik mencekik, memakai benda tajam, menyiksa dan ejekan.

"Ini berbahaya jika ditonton anak-anak," ucap Komisioner KPI, Agatha Lily.
Untuk menunjukkan keseriusannya, KPI telah melayangkan surat teguran pada stasiun televisi bersangkutan. Untuk kategori berbahaya, KPI meminta stasiun televisi untuk mengedit atau membuang adegan yang menampilkan kekerasan.

"Jika tidak diperbaiki maka kami akan minta penyiarannya dihentikan," kata dia lagi.
Sedang untuk film kartun yang masuk dalam kategori hati-hati, KPI juga berharap berbagai adegan tak pantas seperti memelorotkan celana, berkata kotor, atau lainnya yang tak pantas juga bisa dihilangkan.

Untuk acara anak yang dinilai bermutu, KPI menyarankan film seperti Dora The Explorer (Global TV), Adit Sopo Jarwo (MNC TV), Laptop Si Unyil (Trans 7), Curious George (ANTV), Thomas and Friends (Global TV), Unyil Keliling Dunia (Trans 7), dan Disney Junior (MNC TV).


Sumber: Sidomi
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger