Buah-buahan pun diberi Formalin

Pemerintah Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), saat mengelar razia di Jatiland Mall, menemukan produk makanan menggunakan zat formalin yang sangat berbahaya bagi konsumen. Makanan yang berhasil ditemukan mengandung zat membahayakan itu sebagai bahan pengawet pada buah apel dan semangka, kata Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Ternate, Nurbaity Radjabesi.

Ia mengatakan, buah apel dan semangka positif mengandung formalin rhodamin B sebesar 0,9 gram, hal ini berdasarkan uji sampling oleh BPOM setempat. Menurut dia, rhodamin merupakan zat pewarna tekstil sangat berbahaya dari formalin, karena jika dimakan dengan kandungan ini akan beresiko terkena penyakit kanker usus. Sehingga, buah-buahan yang terkontaminasi zat berbahaya tersebut akhirnya disita, karena diduga ini merupakan permainan penyuplai buah-buahan.

Oleh karena itu, Nurbaiti meminta kepada warga di kota Ternate untuk waspada saat membeli makanan atau minuman yang belum disterilkan, karena makanan yang mengandung zat berbahaya sangat beresiko buruk bagi konsumen

Selain itu, dalam razia yang dilakukan di sejumlah tempat menemukan sekitar 500 makanan dan minuman kadaluarsa yang ditemukan di toko dan kios yang tersebar di kota Ternate dan barang kadaluarsa tersebut langsung disita oleh petugas. "Kami akan terus melakukan razia, karena langkah yang dilakukan ini untuk melindungi para konsumen, terutama memasuki Idul Fitri," katanya.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger