Tidak ada banjir kiriman ke Jakarta hari ini

⁠Jakarta (ANTARA News) - Petugas penanggung jawab Pintu Air Manggarai Muhammad Ibnu memperkirakan tidak akan ada banjir kiriman ke Jakarta hingga Sabtu siang dengan catatan curah hujan di kawasan Bogor normal.

"Berdasarkan laporan petugas Bendung Katulampa, Bogor, tidak akan ada banjir kiriman ke Jakarta hingga 10 jam ke depan. Asalkan di Bogor curah hujannya terus normal, maka aliran air Sungai Ciliwung yang mengarah ke Jakarta juga normal," kata Ibnu di Jakarta, Sabtu pagi.

Menurut Ibnu hingga Sabtu pukul 04.30 WIB, ketinggian air di Pintu Manggarai mencapai 925 centimeter. Meskipun masih berstatus siaga II, namun ketinggian air di tempat itu telah turun jika dibandingkan pada Jumat (18/1) malam yang mencapai 930 centimeter.

Menurut Ibnu, ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor dan Pintu Air Depok hingga Sabtu pukul 04.30 WIB masing-masing mencapai 90 centimeter dan 200 centimeter.

"Untuk Katulampa, Bogor, statusnya siaga III sedangkan Pintu Air Depok berstatus siaga IV atau masuk kategori normal," ujar Ibnu.

Saat ini hanya dua dari empat pintu di Manggarai yang dibuka. Menurut Ibnu saat status Pintu Air Manggarai siaga II kewenangan buka-tutup pintu berada di tangan Kepala Dinas PU DKI Jakarta.

Ibnu mengatakan apabila hujan dengan intensitas ringan kembali terjadi di Jakarta, kemungkinan hanya akan menaikkan ketinggian air tanpa menyebabkan banjir.

Pos Pintu Air Manggarai saat ini dijaga oleh belasan anggota Kopassus dari Cijantung. Menurut Ibnu keberadaan Kopassus untuk mengantisipasi evakuasi warga apabila air tiba-tiba meluap.

Ibnu juga mengatakan aliran air sungai dari Manggarai mengalir menuju Tanggul Latuharhari yang sempat jebol pada Kamis (17/1). Hingga Sabtu pagi para petugas masih berupaya memperbaiki Tanggul Latuharhari dengan menggunakan alat berat yang dioperasikan untuk mengeruk tanah di sekitar tanggul tersebut.

Sumber: Antaranews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger