Liga Desa Indonesia, Profesionalisme Liga 'Tarkam'

JAKARTA - Pertandingan sepak bola "Tarkam" atau antar kampung selama ini dipandang sebelah mata. Padahal, jika dibina dan dikelola dengan baik dapat memajukan sepak bola Indonesia.

Menurut Ketua Umum Badan Sepak Bola Rakyat Indonesia (BASRI) Eddy Sofyan, untuk memajukan sepak bola Indonesia harus dimulai dengan pembinaan yang baik dari level bawah. Yakni pertandingan-pertandingan sepak bola yang digelar di desa-desa atau kelurahan.

Karena, tambah Eddy, ada sangat banyak bakat-bakat pesepak bola andal yang tidak terpantau lantaran hanya bermain di pertandingan Tarkam tersebut. Selain itu, mental dan sikap sportivitas pemain-pemain Indonesia pun bisa dibangun dengan baik apabila pembinaan dari level terbawah dikelola secara baik pula.

Karena alasan tersebut, Eddy yang baru terpilih sebagai Ketua Umum BASRI untuk periode 2013/2018 mengatakan, salah satu porgram BASRI di tahun 2013 adalah dengan menggulirkan dan menggencarkan kompetisi Tarkam yang bertajuk Liga Desa Indonesia (LIDI).

Diungkapkan Eddy, selama ini pertandingan Tarkam yang identik dengan pertandingan kasar dan asal-asalan, lantaran tak adanya suatu badan yang mengelola dengan baik.

"Tapi kalau dikelola secara profesional, akan ada banyak manfaatnya," kata Eddy kepada Republika, Kamis (17/1). 

Mantan pelatih timnas era 80-an ini menjelaskan, program LIDI yang akan digulirkan BASRI dilakukan secara berkesinambungan. Juara dari masing-masing kecamatan misalnya, akan bertanding di tingkat kabupaten, juara kabupaten ke tingkat provinsi dan seterusnya hingga ditemukan juara nasional. 

"Dari situ pasti akan ditemukan para pesepak bola andal yang pada akhirnya akan terpantau oleh klub-klub profesional, bahkan tim nasional Indonesia," ungkap Eddy.

Selain menggulirkan program LIDI, BASRI juga akan menggelar pendidikan pelatihan bagi calon pelatih yang ada di desa dan kelurahan. Pun dengan pendidikan perwasitan.

"Saat ini saya masih membentuk kepengurusan baru setelah ditunjuk sebagai Ketua Umum baru pada Selasa (15/1). LIDI ditargetkan akan berjalan paling lambat pada akhir tahun," katanya.

Sumber: Antaranews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger