Kapal Sewaan Pertamina Selundupkan Minyak

MT Zenena bukan merupakan kapal sewaan pertama Pertamina yang tertangkap menyelundupkan BBM. September lalu ada MT Martha Global yang tertangkap ketika menyelundupkan minyak 35.000 kiloliter (KL) dari Riau ke Malaysia.

Pada Minggu (23/9/2012), MT Martha Global bermuatan 35.000 KL minyak mentah tertangkap Direktorat Jenderal Bea Cukai Kepulauan Riau yang akan diselundupkan ke Malaysia. Super tangker tersebut berhasil ditangkap oleh kapal patroli Bea Cukai BC8005 di perairan internasional-Laut Natuna. Nilai potensi kerugian negara yang diakibatkan dari penyelundupan tersebut mencapai miliaran rupiah.

"Super tanker bernama MT Martha Global berbendera Indonesia dengan muatan 35 juta liter (35 ribu kiloliter) minyak mentah Indonesia yang ingin diselundupkan ke Malaysia. Super tangker tersebut berhasil ditangkap oleh kapal patroli Bea Cukai BC8005 di perairan internasional-Laut Natuna," kata Kasi Operasi Bea Cukai Kepri Adhi Pramono saat itu.

Kemudian Selasa (29/1/2013) lalu, Kapal sewaan Pertamina dari PT SKR, yakni MT Zenena, tertangkap tangan melakukan penyelundupan solar subsidi sebanyak 600 KL ke kapal berbendera singapura.

"Baru saja tertangkap di perairan Batam Kapall Tengker MT Zenena milik Pertamina bermuatan solar bersubsidi 3.600 yang sedang menyelundupkan ke Kapal MT Cahaya berbendera Singapura sebanyak 600 ton, ketika ditangkap solar sudah mengalir ke kapal MT Cahaya sebanyak 30 ton. Saat ini kapal tersebut diamankan bea cukaii dan polisi perairan Batam, oknum Pertamina terlibat," tandas Direktur BBM BPH Migas, Djoko Siswanto.

Djoko mengatakan, model penyelundupan minyak dan BBM subsidi melalui laut seringkali terjadi. Menurutnya cara ampuh untuk mengatasi penyelundupan ini adalah dengan menaikkan harga BBM subsidi atau menghapusnya sekaligus.

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger