AFC Ultimatum PSSI terkait Sepakbola Gajah

JAKARTA - Federasi sepak bola Asia atau AFC berdasarkan surat yang dikirim ke Komisi Disiplin (Komdis) PSSI, menunggu hasil penyelidikan terkait kasus gol bunuh diri pada pertandingan PSS Sleman melawan PSIS Semarang hingga 17 November.

"Saya harus melaporkan langsung ke AFC termasuk FIFA sebelum tanggal 17. Yang jelas kasus ini sangat serius karena sudah menciderai sepak bola," kata Ketua Komdis PSS, Hinca Panjaitan, di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Selasa (11/11).

Menurut dia, secara umum pemeriksaan terhadap pemain, pelatih, official hingga perangkat pertandingan sudah selesai dilakukan. Hanya saja, pihaknya saat ini masih menyusun laporan hasil penyelidikan yang dilakukan.

Hinca menegaskan terkait dengan kasus yang terjadi pada pertandingan PSS Sleman melawan PSIS Semarang akan ada sekitar 30 keputusan. Keputusan ini di luar diskualifikasi bagi kedua klub tersebut pada babak delapan besar Divisi Utama.

"Hitung saja. Masing-masing tim ada 11 pemain. Belum lagi ada pelatih maupun official. Tunggu saja. Semuanya masih dalam proses," kata Hinca dengan tegas.

Pria yang juga berprofesi sebagai penasehat hukum ini menambahkan untuk masalah hukuman semuanya sudah diatur. Bahkan, pada kasus ini kemungkinan besar akan ada pihak yang akan mendapatkan hukuman seumur hidup tidak boleh beraktifitas dalam sepak bola.

Kasus PSS Sleman melawan PSIS Semarang cukup menghebohkan persepakbolaan dunia. Hal ini terjadi karena filosofi sepak bola untuk meraih kemenangan, justru dibalik. Pada pertandingan tersebut kedua tim sama-sama ingin mencari kekalahan.

"Kasus ini sangat mencederai FIFA. Makanya FIFA dan AFC sangat serius dalam memantau penyelesaian kasus ini," kata politisi dari Partai Demokrat itu.

Meski belum diputuskan secara resmi, Hinca juga sempat menegaskan bahwa kasus pada pertandingan antara PSS Sleman melawan PSIS Semarang diindikasikan terjadi "match fixing" atau pengaturan pertandingan.

Sumber: Antara
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger