Tingkatkan Kinerja Otak dengan Kopi dan Tidur

WASHINGTON - Serangkaian eksperimen oleh tim peneliti dari Inggris dan Jepang menemukan bahwa kombinasi antara meminum kopi dan tidur sebentar memaksimalkan kewaspadaan otak, jauh lebih baik dibandingkan bila dilakukan terpisah.

Dalam eksperimen di Loughborough University di Inggris, sekelompok peserta eksperimen yang dalam keadaan lelah meminum kopi dan tidur langsung setelahnya selama 15 menit, melakukan paling sedikit kesalahan dalam sebuah simulasi mengemudi, dibandingkan mereka yang hanya minum kopi ataupun hanya tidur singkat.

Rahasianya terletak pada kombinasi kafein dan tidur yang mempengaruhi neuromodulator bernama adenosine.

Aktivitas normal secara perlahan meningkatkan level adenosine di otak, yang membuat orang merasa lelah. Kopi mengurangi adenosine, sementara tidur menghilangkannya dari otak.

Studi menunjukkan bahwa dibutuhkan waktu 20 menit bagi kafein untuk mulai mempengaruhi otak, tidur sebentar langsung setelah mengkonsumsi kopi meningkatnya efeknya pada adenosine.

Menurut studi ini, seseorang harus meminum kopinya dengan cepat untuk memiliki cukup waktu untuk tidur sebentar, tidak melebihi 20 menit. Bagi mereka yang tidak dapat cepat jatuh tidur, peneliti mengatakan keadaan 'setengah tidur' juga memberikan efek yang sama.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger