Cegah Stroke dengan cara ini

JAKARTA -  Spesialis bedah saraf dari Bunda Neuro Center (BNC) RSU Bunda, dr Ibnu Benhadi, SpBS (K) mengatakan penanganan yang cepat bisa menyelamatkan pasien yang mengalami stroke.

"Dalam manajemen stroke akut dikenal istilah golden periode, yaitu batas waktu tertentu pasien harus mendapatkan penanganan. Semakin cepat semakin baik," kata?dr Ibnu Benhadi, SpBS (K) di Jakarta, Rabu (26/8).Dia menjelaskan, penanganan yang cepat dan tepat di fase akut akan sangat menentukan kondisi pasien selanjutnya.

Dia juga menambahkan, stroke terjadi karena sebagian sel-sel di are otak mati akibat suplai pembuluh darah ke sel otak berkurang. Hal ini akibat adanya penyumbatan pembuluh darah yang menuju otak sehingga oksigen dan darah berkurang. Atau juga akibat pecahnya pembuluh darah di otak sehingga area yang tergenang darah akan mati.

"Jika seseorang mengalami gejala stroke, maka segera bawa penderita ke dokter syaraf," katanya.

Dokter Spesialis Syaraf RSU Bunda dr Nizmah, SpS menambahkan stroke bisa dicegah. "Stroke sebenarnya bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat dan deteksi dini secara rutin," katanya.

Tien Winarko, Corporate Marketing RS Bunda, mengatakan, di BNC pasien diajarkan mengenali faktor-faktor risiko stroke dan mengendalikannya. Dengan pengetahuan yang baik, bila ada salah satu anggota keluarga yang terkena stroke, bukan berarti dunia berakhir.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger