Harus Ada Pengawasan Khusus bagi Wrnet yg jadi Game Online

BANDUNG - Banyaknya warnet yang beralih menjadi game online, tak bisa dibiarkan. Jadi, harus ada pengawasan khusus pada warnet yang berubah fungsi tersebut.

Kalau dibiarkan, khawatir akan semakin banyak anak-anak yang kecanduan game online dan berpengaruh pada pembentukan karakternya. ''Harus ada aturan yang jelas untuk pengawasan lakukan sidak. Kalau terbukti, berikan sanksi yang tegas ke warnetnya,'' ujar Dosen Fakultas Psikologi dan Fakultas Pendidikan Unisba, Dr Endang Pudjiastuti M Pd Psikolog kepada ROL, Senin (25/8).

Menurut Endang, selama tak ada aturan yang jelas tentang keberadaan Warnet menjadi Game On line, hal tersebut akan menjadi sah-sah saja. Dengan kondisi ini, yang lebih penting bagaimana konsep pengasuhan dan pendidikan orang tua terhadap anaknya.

''Sudahkah perhatian terhadap anak menjadi prioritas dalam keluarga,'' katanya.

Kalau anak dibiarkan kecanduan game online, kata Endang, akan sangat riskan dalam membntuk karakter anak. Karena, menang dalam game tak berarti menang dalam dunia nyata. Di dunia nyata, untuk menjadi pemenang diperlukan usaha keras, keuletan, daya juang tinggi,kesabaran, dan kemampuan komunikasi.

''Yang penting, anak harus diajarkan realistis untuk mencapai tujuan hidupnya. Ini, tak akan diperolehnya dari bermain game online,'' katanya.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger