Waspada Produk Kadaluwarsa Jelang Lebaran

Jakarta - Kebutuhan untuk mengkonsumsi bahan makanan dan minuman di bulan Puasa dan jelang Lebaran selalu meningkat. Permintaan yang tinggi membuat barang-barang konsumsi seperti makanan dan minuman diburu masyarakat.

Namun konsumen harus mewaspadai beredarnya makanan dan minuman kadaluwarsa di pasar. Apalagi kasus temuan barang-barang kadaluwarsa kerap ditemukan jelang Puasa dan Lebaran.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Tutum Rahanta memberikan tips untuk konsumen agar masyarakat terhindar dari barang-barang kadaluwarsa.

Hal yang paling utama adalah, masyarakat harus sadar diri untuk selalu mengecek tanggal kadaluwarsa sebuah produk sebelum membeli makanan dan minuman di pasar modern maupun tradisional.

"Kita (ritel modern) punya SOP (prosedur standar) yang ketat dalam pengawasan barang-barang kadaluwarsa dan untuk menghindarinya. Tetapi satu hal yang kita minta, bagaimana pun juga konsumen juga perlu waspada dan hati-hati jika membeli makanan dan minuman untuk melihat tanggal kadaluwarsa," kata Tutum kepada detikFinance, Minggu (6/7/2014).

Tutum menjelaskan, konsumen atau masyarakat jangan tergiur dengan tawaran harga makanan dan minuman di bawah harga rata-rata pada umumnya.

"Jangan hanya tergiur dengan harga murah. Jika ada harga barang jauh lebih murah dari harga pada umumnya maka perlu waspadai, perlu curiga, harus cek dulu, itu paling gampang, jadi pakai logika juga," katanya.

Selain itu, masyarakat juga harus punya kontrol dalam membelanjakan barang-barang konsumsi. Hal ini untuk mencegah penumpukan dan penyimpanan barang terlalu lama di rumah, sehingga lama dikonsumsi yang akhirnya mendekati tanggal kadaluwarsa.

"Belilah sesuai kebutuhan sehingga barang-barang tidak menumpuk dan tersimpan terlalu lama di rumah. Ini juga yang menyebabkan kita mengkonsumsi barang kadaluwarsa. Sejauh ini di ritel modern selalu terjaga karena sesuai standarnya, jadi sebelum kadaluwarsa barang harus habis sehingga tidak sampai batas kadaluwarsa," tandasnya.

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger