Jalur Mudik dipastikan tersedia penerangan

Kepala Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral Kabupaten Kudus Sam`ani Intakoris memastikan di sepanjang jalur mudik bakal dilengkapi sarana penerangan yang memadai, karena lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) yang rusak segera diperbaiki.

"Kami sudah mengidentifikasi sejumlah lampu PJU yang tidak berfungsi secara normal di jalur yang nantinya bakal dilalui pemudik, seperti di Jalur Lingkar Kudus," ujarnya, di Kudus, Sabtu.

Perbaikan lampu PJU, kata dia, sudah disediakan anggaran sebesar Rp160 juta. Anggaran sebesar itu merupakan anggaran perawatan rutin yang dianggarkan pada tahun anggaran 2013.

Berdasarkan pendataan sementara, kata dia, perbaikan sarana penerangan jalan bakal dilakukan di beberapa jalur yang ada di Kabupaten Kudus secara bertahap.

Selain itu, Dinas Bina Marga Pengairan dan ESDM Kudus pada tahun ini juga melakukan pengadaan lampu PJU baru di lima lokasi dengan anggaran sebesar Rp1 miliar.

Sebelumnya, Pemkab Kudus melakukan perbaikan tiang dan jaringan lampu PJU yang tersebar di sejumlah lokasi dengan menghabiskan anggaran hingga Rp7,45 miliar. Anggaran sebesar itu, digunakan untuk penggantian 463 PJU beserta jaringannya yang tersebar di sejumlah lokasi di Kudus.

Penggantian lampu PJU tersebut tersebar di Jalan Agil Kusumadya, Jalan Sunan Muria, Jalan A Yani, Jalan Lukomono Hadi, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Pemuda.

Jalan poros desa juga dilengkapi sarana penerangan, karena lampu PJU lama dialihkan ke jalan poros pedesaan yang berjumlah 149 unit lampu.

Terkait dengan kerusakan jalan yang selama ini sering dijadikan jalur alternatif, Sam`ani mengatakan, diperbaiki dengan anggaran perawatan rutin berdasarkan skala prioritas dengan menyesuaikan ketersediaan anggaran.

Sumber: Antara
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger