Gimana Jadinya Ragunan di tangan adik Prabowo

Apa yang akan dilakukan pengusaha Hashim Djojohadikusumo setelah menjadi kepala pengawas Kebun Bintang Ragunan? Ini sejumlah rencana adik Prabowo itu ke depan.

Ditemui di Gedung Mid Plaza 2, Jl Jenderal Sudirman, Jaksel, Jumat (26/7/2013), Hashim membeberkan programnya dalam waktu dekat. Meski baru menjabat sebagai kepala pengawas sebulan, kolektor benda antik ini sudah bergerak cepat.

"Salah satu hal yang akan saya ingin lakukan sebagai ketua ialah menyamakan visi. Visi dari masyarakat DKI dan Indonesia ke depan maunya gimana," kata Hashim.

Pada bulan September mendatang, Hashim akan menggelar lokakarya tentang Ragunan. Seluruh elemen masyarakat akan diundang, mulai dari LSM, anggota Dewan, pengelola kebun binatang lain dan media. Hashim ingin mendengar harapan publik tentang Ragunan.

"Apa kita mau sama dengan Singapura atau mau lebih dari Singapura? Kalau kita mau sama, ini konsekuensinya yaitu dana, jumlah hewan dan keadaan fisik hewan," terangnya.

Dari lokakarya itu, baru direncanakan sebuah sistem penganggaran. Termasuk nantinya penentuan harga tiket.

Terkait penambahan binatang, Hashim tak menampiknya. Dia sudah survei ke sejumlah kebun binatang di luar negeri, seperti Washington Zoo untuk studi banding dan penjajakan soal hewan. Sekitar 2.000 hewan yang ada di Ragunan pun bisa bertambah.

"Kita sebenarnya punya potensi dengan luas tanah 1.200 hektar. Kita potensinya bisa ribuan hewan. Ruangannya ada, yang penting kan sekarang visinya dulu," terangnya.

Saat ini, jerapah memang tak ada di Ragunan. Sebab hewan yang terakhir baru saja meninggal. Hewan leher panjang itu sudah berusia 27 tahun.

"Itu karena jerapahnya sudah tua," imbuhnya.

"Kalau kuda nil, sama mau cek dulu apa masih ada atau tidak. Kita mau bikin inventarisasi, jumlah
hewannya dan jenisnya gimana," sambungnya.

Penunjukan Hashim dilakukan Gubernur Jokowi sebulan lalu. Sang Gubernur berharap, dengan masuknya Hashim, pengelolaan Ragunan bakal lebih baik. Setidaknya latar belakang Hashim dari pengusaha bisa membantu masalah pendanaan.

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger