Pusat Bisnis Glodok kembali bergeliat

Pusat bisnis kawasan Glodok, Jakarta Pusat kembali bergeliat setelah beberapa hari yang lalu sempat terhenti karena banjir. Masyarakat kembali beraktivitas dan berdagang.

Wilayah Glodok terletak di Jalan Gadjah Mada dan berdekatan dengan kawasan wisata Kota Tua. Minggu lalu, jalan-jalan di wilayah ini terendam air hingga sepaha orang dewasa. Kini, genangan sudah dangkal dan hanya berada di tepi jalan yang berlubang sedalam 2 hingga 3 sentimeter.

"Minggu lalu tingginya sepaha dan semua toko tutup di sini," ujar Rustam yang sehari hari berjualan soto tangkar di wilayah Glodok, Jakarta Pusat, Kamis (24/1/2013).

Tidak ada satu pedagang pun yang membuka tokonya untuk berjualan saat banjir kemarin. "Jalan saja tidak bisa lewat apalagi jualan. Mereka malah bawa semua barangnya untuk diselamatkan," terangnya.

Rustam menyebutkan, warga Glodok lambat laun mulai membuka dagangannya sejak Selasa (21/1) lalu. Meski yang berjualan hanya beberapa toko dan pedagang makanan yang berada di pinggir jalan.

"Kalau tidak jualan mau makan dari mana? Lagian banyak yang nonton banjir juga ya sekalian jualan," ucap bapak yang memiliki 1 anak ini.

Jalil yang juga berdagang gorengan di dekat Pasar Glodok mengaku berjualan sejak Senin (20/1) lalu. Jalil menyebut ketinggian air pada waktu dirinya berjualan kembali setinggi mata kaki orang dewasa.

"Karena saya pakai gerobak jualannya, ya tidak apa-apa dan juga banyak yang singgah beli. Lumayan laku," kata Jalil sambik tertawa.

Untuk pasar Glodok, sebagian besar pedagang membuka tokonya sejak dua hari yang lalu. Meski tidak semua, namun aktivitas perdagangan di tempat itu mulai ramai.

Pantuan detikcom, jalan menuju ke Kota Tua dari Jalan Gadjah Mada mulai tersendat. Hal ini dikarenakan proses bongkar muat barang dan banyaknya pembeli yang hendak memarkirkan kendaraannya sudah sangat ramai. Di kanan jalan terlihat para pelukis jalanan sudah mulai ramai mengisi trotoar jalan, termasuk kuli panggul yang ramai mengangkat barang masuk menuju pasar Glodok.

Para pembeli juga ramai hilir mudik di dalam pasar tesebut. "Saya lagi cari alat pemotong keramik, Mas. Di emper jalan banyak yang jual," kata Maryam yang tinggal di Mangga Besar.

Maryam memilih Glodok karena dekat dari tempat tinggalnya dan karena pasar Glodok sudah mulai beraktivitas kembali. "Yang dekat sajalah. Di sini bisa cari murah," tutur Maryam.

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger