Bahaya Batu Akik bagi kesehatan

Tren batu akik telah mulai berlalu, namun masih banyak masyarakat yang menggunakannya karena batu alam tersebut memang indah. Entah sebagai cincin atau liontin, batu berwarna-warni itu menjadi hiasan yang memukau mata.

Akan tetapi percayakah Anda bahwa batu akik yang mengandung berbagai mineral alami tersebut ternyata bisa memicu gangguan kesehatan untuk pemakainya? Dilansir oleh laman Merdeka, berikut ini beberapa bahaya pemakaian batu akik untuk kesehatan Anda:

Sistem Pernapasan

Proses pembentukan batu akik yang melewati serangkaian pemotongan, pembentukan, dan penggosokan, menyebabkan debu-debu halus dan tajam masuk ke sistem pernapasan, dan mengendap di paru-paru. Itu bisa mengganggu sistem pernapasan pengrajin.

Mati rasa

Beberapa jenis batu disebut-sebut mengandung mineral merkuri dengan jumlah tinggi yang jika dikenakan dalam rentang waktu lama akan menimbulkan efek mati rasa.

Kanker

Jenis batu torbernite mengandung zat fosfor, tembaga, serta uranium yang secara alami akan mengeluarkan gas. Jika sering menghirup gas ini, walau dalam jumlah kecil, lama kelamaan akan menimbulkan kanker paru.

Keracunan

Ini juga salah satu risiko kesehatan yang dapat terjadi jika Anda memakai jenis batu bernama Galena. Residunya berbahaya jika terhirup ke pernapasan, dan bisa menimbulkan keracunan.

Bad mood

Seperti juga diyakini beberapa jenis batu akan menimbulkan good mood atau perasaan yang baik atau positif, maka batuan jenis lain juga ada yang memicu bad mood. Hal ini disebabkan oleh kandungan mineral di dalamnya.

Sumber: sidomi
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger