Tarif Angkutan Bakal Naik 70 Persen

JAKARTA - Organisasi Angkutan Darat (Organda) menilai pemerintah seharusnya menaikkan harga BBM Bersubsidi sejak dulu. Karena, apabila harga BBM saat ini naik, tarif transportasi umum juga ikut meningkat sekitar 40 sampai dengan 70 persen.

Ketua Organda Eka Sari Lorena menegaskan pemerintah seharusnya menaikkan tarif BBM bersubsidi khusus kendaraan pribadi sebagai konsumen terbesar BBM bersubsidi. Kemudian BBM bersubsidi seharusnya dijual menggunakan mekanisme distribusi tertutup.

Artinya, hanya kalangan tertentu yang bisa menerima. Semisal, hanya angkutan umum penumpang dan angkutan barang pelat kuning.

Dia menilai, apabila kenaikan tarif BBM bersubsidi dikenakan kepada angkutan umum akan menyengsarakan masyarakat. Alasannya, karena akan berakibat kenaikan tarif transportasi dari 40 sampai dengan 70 persen.

Selain itu, kata Eka, kenaikan tarif tersebut, akan mematikan usaha angkutan umum. Tentu saja karena harganya sudah tidak lagi kompetitif.Ujung-ujungnya  masyarakat lebih memilih membeli kendaraan pribadi karena murah dan mudah.

Masalah lainnya adalah jika kenaikan tarif dilakukan akan berbuntut terkereknya harga barang-barang. Apabila harga barang naik, maka inflasi juga dipastikan meningkat.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger