Smartphone Pertama di Dunia Lahir pada 1994

NEW YORK -- Smartphone pertama ternyata hadir pada 16 Agustus 1994, di Amerika Serikat. Saat itu, hanya tersedia sebanyak 15 ribu unit. Ponsel tersebut bernama IBM Simon, dan sempat populer di kalangan pebisnis yang menginginkan telepon seluler sekaligus komputer mini. Meski beratnya hingga 500 gram, namun cukup diminati banyak konsumen.

"Simon tak disebut smartphone pada jaman itu. Hanya saja, fiturnya mempunyai banyak kemiripan dengan smartphone sekarang. Telepon mempunyai kalender, yang bisa digunakan untuk mengirim email, dan layanan pesan singkat. Semuanya digabungkan dalam satu ponsel," ujar Charlotte Connely, kurator Museum Sains London, dikutip dari BBC pada Selasa (19/8).

Menurutnya, desain perangkat tersebut, melampaui tren pada masanya. "Bentuknya seperti bongkahan abu-abu, tapi tidak sebesar yang dibayangkan," ujarya. Ponsel juga dilengkapi pena stylus dan layar LCD hijau berukuran serupa dengan iPhone 4.

Meski begitu, IBM Simon memiliki kelemahan pada baterai. Connelly menjelaskan, baterainya hanya tahan selama satu jam. "Saat itu juga tak ada internet untuk ponsel, sehingga bisa dibilang alat itu tidak terlalu berhasil," jelasnya.

Faktor tersebut membuat IBM Simon menghilang dari peredaran, sekitar dua tahun sejak diluncurkan. Kini handset itu dipajang dalam pameran Museum Sains London bertajuk 'Era Informasi'. Acara diadakan di Inggris, dan didesikasikan untuk 200 tahun sejarah komunikasi dan informasi teknologi.

Rencananya, pameran pun bakal menampilkan 800 benda, sampai Oktober mendatang. Segala alat yang berhubungan dengan perkembangan komunikasi, kemungkinan tersedia di sana.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger