Proses Pembuatan Sabun Antinajis

BOGOR -  Tim mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (FKH IPB), Ahmad Fazri menuturkan, cara pembuatan sabun AnMugh relatif sederhana. Bahan-bahannya meliputi tanah, NaOH, ekstrak bunga lavender, minyak jagung, minyak kelapa, minyak sawit, madu, susu, air, antijamur, dan antibiotik.

Semua bahan-bahan tersebut akan diukur dengan menggunakan timbangan sesuai dengan keperluan untuk pembuatan sabun. Alat-alat untuk membuatnya antara lain timbangan, batang pengaduk, trashbag, mortar, baskom, nampan penyimpanan, mixer listrik, hairdryer, dan kemasan plastik," jelasnya dalam siaran persnya kepada ROL, Rabu (20/8).

Harapannya, produk ini dapat meningkatkan efisiensi konsumen dalam membersihkan najis secara syar'i, menciptakan peluang usaha bagi mahasiswa, serta memperkenalkan dan menyediakan produk inovasi sabun yang dapat membersihkan najis besar dan najis kecil An-Mugh. Disamping itu, usaha penjualan sabun antinajis beraromaterapi AnMugh dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, memiliki nilai komersial yang tinggi, dan menjadi salah satu peluang usaha yang berprospek baik ke depannya.

Intinya, harus disadari bahwa kita hidup di lingkungan yang tidak steril. Banyak kontaminan di sekeliling kita. Keberadaan hewan seperti anjing pun tidak bisa dipungkiri ada di sekitar kita. Masyarakat Muslim memiliki larangan untuk menyentuh air liur anjing. Air liur anjing ini memiliki banyak bakteri yang sulit dihilangkan kecuali dengan unsur tanah. Hal ini sesuai hadits yang membahas tentang najis. Oleh karena itu, produk kami hadir untuk mengatasi masalah ini.

Rencana selanjutnya adalah melakukan produksi yang lebih besar serta melakukan promosi secara intensif. Promosi lewat media sosial juga akan terus dilakukan guna menjaring calon konsumen di luar IPB dan di luar Bogor.

Fizri menyampaikan cara pembauatan sabun AnMugh, tempat pembuatan sabun meminjam rumah di Perumahan dosen IPB karena merupakan tempat yang dilihat dari luas tempat dan penyinaran yang baik untuk menjemur sabun. Prosedur untuk menghasilkan Sabun Tanah antinajis sebenarnya cukup sederhana. Bahan-bahan seperti tanah, NaOH, Ekstrak bunga lavender, minyak jagung, minyak kelapa, minyak sawit, madu, susu, air, antijamur dan antibiotik. Alat-alat juga seperti timbangan, batang pengaduk, trashbag, mortar, baskom, nampan penyimpanan, mixer listrik, hairdrier, dan kemasan plastik. Semua bahan-bahan tersebut akan diukur dengan menggunakan timbangan sesuai dengan keperluan untuk pembuatan Sabun.

Pertama, adalah menyiapkan NaOH di dalam wadah ukur lalu dicampur dengan air. saat NaOH dan air bereaksi. Selagi menunggu, dicampurkan vegetablebase,  yaitu minyak kelapa, minyak sawit, dan minyak jagung. Kemudian semua bahan dicampurkan ke dalam wadah NaOH setelah siap. Selanjutnya, menggunakan mixer semua bahan diaduk agar semua bahan tercampur merata. Penambahan tanah, antibiotik, antijamur dan pewangi dilakukan setelah minyak dan NaOH tercampur.Setelah tercampur merata, kami memasukkan campuran ke dalam cetakan silikon untuk dibiarkan mengeras kemudian kami menjemur sabun beserta cetakannya.

Harapannya menurut Fizri adalah meningkatkan efisiensi konsumen dalam membersihkan najis secara syar'i, menciptakan peluang usaha bagi mahasiswa, dan memperkenalkan serta menyediakan produk inovasi sabun yang dapat membersihkan najis besar dan najis kecil An-Mugh.Usaha Sabun antinajis beraroma terapi, AnMugh dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, memiliki nilai komersial yang tinggi, dan menjadi salah satu peluang usaha yang memiliki prospek yang baik ke depannya.

Dan pemasaran yang selama ini dilakukan dengan menggunakan cara direct selling, yaitu penjualan yang akan dilakukan secara langsung sehingga produsen dapat menawarkan produk dengan lebih jelas karena konsumen dapat secara langsung bertanya dengan bagian pemasaran, online order yaitu sabun ini akan diiklankan di website An-Mugh di media-media sosial yang ada seperti facebook dan twitter. Ketiga, pmasaran grosir yang dilakukan dengan cara memberikan diskon bagi konsumen yang membeli lebih dari sepuluh sabun cair An-Mugh ini.


Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger