Tips Berbelanja Aman di Toko Online

JAKARTA -- Membeli baju baru adalah salah satu tradisi warga Indonesia menjelang Lebaran. Tapi kini seiring dengan berkembangnya teknologi, kegiatan berbelanja pakaian bisa dilakukan secara online melalui toko-toko online.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar berbelanja online tetap aman dan nyaman. MasterCard membagikan beberapa tips yang bisa Anda perhatikan.

1.Jaga kerahasiaan

Keamanan adalah faktor penting ketika Anda melakukan transaksi online. Jangan perlihatkan informasi pribadi Anda dengan siapapun, kecuali Anda mengetahuinya dan tahu data digunakan untuk apa. Beberapa situs menjual informasi pelanggan mereka kepada pihak ketiga. Karena itu periksa dengan teliti dan jangan pernah berbagi informasi.

2. Hati-hati terhadap penipuan

Membuat situs internet sekarang ini bukan perkara sulit. Karena itu pastikan Anda berbelanja di toko online yang terpercaya. Lakukan pengecekan secara seksama terhadap toko online yang ingin Anda tuju, terutama jika Anda belum pernah mengetahuinya.

3. Gunakan browser yang aman

Biasanya browser menggunakan sandi untuk setiap informasi pembelian yang Anda kirim melalui Internet, sehingga transaksi menjadi lebih aman. Mayoritas browser menerapkan hal ini sebagai fitur standar.

4. Gunakan kartu kredit atau debit

Menuntaskan transaksi dengan kartu kredit atau debit memungkinkan pembatasan terjadinya transaksi yang tidak resmi. Di Master Card misalnya,  transaksi tidak resmi biasanya tercakup dalam MasterCard's Zero Liability policy, di mana bank Anda akan mengembalikan setiap transaksi tidak resmi tersebut. Namun demikian, merupakan tanggung jawab Anda untuk melaporkan setiap hal yang mencurigakan terhadap kartu Anda, atau jika kartu Anda hilang maupun dicuri, kepada institusi keuangan.

5. Gunakan penyedia jasa keuangan dengan keamanan ekstra

Bank dengan sistem keamaan ekstra akan melindungi rahasia pemegang kartu. Pemegang kartu diberi kata sandi tambahan yang hanya diketahui pemiliknya. Fitur keamanan ini memberikan perlindungan tambahan untuk para pemegang kartu dari para peretas (hacker) dan penipu di di dunia maya, serta memberikan keamanan online di semua tingkatan.

6. Simpan catatan transaksi dan bukti pembayaran online

Ingatlah untuk memeriksa rincian pembayaran sebelum melakukan pembayaran akhir, periksa kebijakan pengembalian barang dan cakupan perlindungan data pribadi anda. Diakhir print bukti transaksi, dapatkan salinan email langsung kepada Anda, dan pastikan bahwa jumlah pembelian sesuai dengan tagihan Anda di akhir bulan.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger