Kabut Asap Menyelimuti Bukittinggi

Bukittinggi (ANTARA News) - Warga Bukittinggi diminta agar menggunakan masker saat keluar rumah menyusul dampak kabut asap yang menyelimuti kota itu semakin tebal, kata seorang pejabat kesehatan Kota Bukittinggi.

"Hari ini dirasakan kabut asap sangat tebal, untuk itu warga agar mengurangi aktivitas di luar ruangan agar terhindar dari dampak langsung kabut asap, khususnya bagi kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Syofia Dasmauli di Bukittinggi, Minggu.

Ia mengatakan, dampak dari kabut asap tersebut telah meningkatkan penyakit infeksi saluran pernafasan bagian atas (ISPA) sebesar 10 sampai 20 persen.

Ia menyarankan agar masyarakat memperbanyak meminum air putih supaya pengaruh kabut asap di bagian tenggorokan tidak begitu berdampak terhadap kesehatan.

Kabut asap dapat menyebabkan penyakit ISPA karena membawa partikel-partikel melalui udara sehingga menggangu saluran pernafasan saat terhirup.

"Memakai masker setidaknya dapat meminimalisir penyakit ISPA dari dampak kabut asap," katanya.

Yulia (26), warga Padanglua, Kabupaten Agam, mengatakan, kabut asap kali ini dirasakan sangat tebal dari hari-hari sebelumnya.

Ia berharap pemerintah secepatnya melakukan memadamkan api dari lahan yang terbakar, jika tidak akan lebih membahayakan kesehatan.

Ia menilai kabut asap yang sangat tebal dari hari-hari sebelumnya itu sudah sangat mengkhawatirkan.

Kabut asap menyelimuti Bukittinggi terlihat tebal pada pagi hingga sore itu, penilaiannya, telah menyebabkan jarak pandang berkurang menjadi 700 sampai 800 meter.

Pewarta Antara di Kota Bukittinggi melaporkan bahwa bangunan Jam Gadang yang berjarak 600 meter dari SPBU Jalan Sudirman yang biasanya terlihat sangat jelas, tidak lagi terlihat dari dampak kabut asap itu. 

Sumber:Antara
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger