Masyarakat Diimbau Waspadai Penyakit ISPA

Dinas Kesehatan Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengimbau masyarakat mewaspadai penyakit inspeksi saluran pernafasan akut atau ISPA selama musim kemarau.

"Saat ini penderita penyakit Ispa sudah cukup tinggi. Dari laporan diterima, Puskesmas yang tersebar di Karawang rata-rata melayani 20 pasien Ispa per hati," kata Kepala Dinas Kesehatan setempat Asep Hidayat Lukman, di Karawang, kemarin.

Masyarakat bisa mewaspadai ancaman ISPA, katanya, dengan cara menjaga kebersihan lingkungannya. Menurut dia, kewaspadaaan perlu dilakukan karena secara umum penyakit Ispa bisa ditimbulkan akibat lingkungan yang kotor serta akibat daya tahan tubuh yang lemah.

Cuaca yang cukup panas akhir-akhir ini bisa menurunkan daya tahan tubuh. Jika memang cuaca cukup panas, sebaiknya saat beraktivitas menggunakan pelindung, untuk mengindari kemungkinan penyebaran penyakit. "Masyarakat juga sebisa mungkin harus menghindari kontak langsung dengan masyarakat lainnya yang sudah terserang Ispa, sebab penyakit jenis ini cepat sekali menular," kata Asep.

Dikatakannya, pola hidup bersih dan sehat seperti selalu menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan setiap kali selesai beraktivitas atau sebelum makan merupakan kebiasaan yang harus tetap dijaga. "Jika memang sedang sakit, sebaiknya menggunakan masker yang bisa menutup hidung dan mulut agar tidak menularkan penyakit ke orang lain," kata dia.

Sumber: Republika
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger