Perahu bermuatan BBM meledak di Pekanbaru

Perahu kayu bermuatan ribuan liter bahan bakar minyak (BBM) meledak dan terbakar di Sungai Siak, Pekanbaru, Riau, Jumat (2/8) sore.

"Saya mendengar tiga ledakan sebelum kapal itu terbakar," kata seorang warga yang menjadi saksi mata, Ade Aulia (27).

Perahu itu terbakar didekat pelabuhan rakyat, berjarak sekitar 100 meter dari pelabuhan penumpang Sungai Duku, Pekanbaru. Di lambung kapal tertera nama kapal KM Maju Jaya II. Namun, belum bisa dipastikan apakah kapal tersebut memiliki izin resmi mengangkut BBM.

Ade mengatakan, kejadian terjadi sekitar pukul 17.00 WIB dan warga langsung melapor ke pemadam kebakaran. Api langsung membesar, sedangkan pemadam kebakaran kesulitan menjangkau posisi kapal yang berada jauh ke tengah sungai.

Hanya ada satu kapal pemadam kebakaran yang bisa mendekati kapal tersebut, namun api sudah terlanjur besar dan menghanguskan seluruh badan kapal.

Seorang anak buah kapal (ABK), Zulkifli mengatakan kapal itu mengangkut 20 ribu liter. Saat itu, ia mengatakan kebakaran terjadi saat kapal itu tengah membongkar muatan BBM. "Ada percikan dan disusul ledakan," ungkapnya.

Komandan inti Regu Basarnas Riau, Tinus mengatakan kebakaran itu kuat dugaan akibat percikan api dari puntung rokok yang dibuang oleh ABK.

"Saya menduga ini akibat puntung rokok yang tak sengaja dibuang ABK, dan menimbulkan percikan api," ucapnya.

Ia mengatakan, pihaknya kini memintai keterangan seorang ABK. Sedangkan, kapten kapal dan dua ABK lainnya melarikan diri.

Sumber: Antara
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger