Sekolah jadi "Kandang Kambing"

Bangunan SMPN 289 yang baru saja dibangun tak bisa digunakan karena akses jalan ditutup oleh ketua RW setempat. Akibatnya, gedung mahal itu hanya menjadi kandang kambing. Apa upaya Pemprov DKI untuk menyelesaikan masalah ini?

"Kita masih terus upayakan pembicaraan. Sampai saat ini belum ada titik temu," kata Kepala Dinas Pendidikan DKI, Taufik Yudi, saat dikonfirmasi detikcom, Minggu (7/7/2013) malam.

Menurut Taufik, ada tuntutan dari sang ketua RW yang masih belum bisa dipenuhi pihak Pemprov DKI. Dialog sudah dilakukan sejak bangunan itu selesai, pada tahun 2012. Namun tetap tak ada titik temu. Alhasil, sekolah yang dibangun di atas lahan 6.000 meter itu pun mangkrak.

Meski gedung belum bisa dipakai, aktivitas belajar mengajar tetap berjalan. Angkatan pertama siswa SMP yang terdiri dari 192 siswa kini ditampung di SD 04 Sukapura.

"Sekolah itu padahal permintaan masyarakat. Makanya kami bangun. Tapi sekarang aksesnya belum bisa dilalui," terang Taufik.

Taufik mengaku sudah mengadu ke Jokowi dan Ahok soal masalah ini. Kedua pemimpin itu memerintahkan Taufik agar terus maju dan memperjuangkan nasib anak-anak yang bersekolah.

"Kami tidak mau mengambil risiko keselamatan guru dan staf nantinya. Namun sekarang, proses pendidikan tetap harus berjalan," imbuhnya.

SMPN 289 Sukapura Cilincing Jakarta Utara tak bisa digunakan karena akses jalannya ditutup. Bangunan tiga lantai itu sudah jadi sejak tahun 2012. Namun kini i dalam gedung, hanya ada kambing yang sedang berkeliaran mencari makan.

Satu-satunya akses untuk masuk sekolah adalah melewati jalan gang pasar. Jalur ini biasa digunakan oleh kendaraan proyek saat pembangunan. Namun sejak bangunan jadi, ditutupi seng oleh Pak RW. Kini, ada seorang centeng yang selalu menjaganya. Tak ada orang yang berani masuk tanpa seizin pria tersebut.

Soal alasan penutupan masih simpang siur. Isu yang berkembang, aksi ini dilakukan karena berhubungan dengan uang dan lahan.

Saat hendak ditemui di rumah untuk dimintai konfirmasi, Ketua RW 05 tersebut tak ada. Sang penjaga rumah mengatakan, majikannya sedang di luar.

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger