Angka Final Jamaah Haji Indonesia 2013

Meski ada upaya lobi, keputusan Arab Saudi untuk mengurangi kuota jamaah haji asal Indonesia tahun ini tak berubah. Dengan demikian, jumlah jamaah yang berangkat tahun ini akan berkurang 20 persen.

Dirjen Penyelenggaran Haji dan Umroh Kemenag, Anggito Abimanyu mengatakan, total jamaah haji yang berangkat tahun ini adalah 168.800 orang. Angka itu terdiri dari haji reguler 155.200 dan haji khusus 13.600 jamaah.

"Jumlah ini tidak ada intervensi dari siapa pun dan pihak mana pun," ujar Anggito sebelum acara buka puasa bersama di rumah dinasnya, Jl Cemara No 42, Menteng, Jakpus, Senin (15/7/2013).

Namun dari angka di atas, terdapat beberapa perubahan setelah melakukan proses verifikasi. Untuk haji reguler, sebanyak 575 jamaah lunas menunda keberangkatan karena sudah haji, terpisah dari keluarga inti, serta alasan sakit. Mereka diganti oleh urutan berikutnya sesuai nomor porsi.

Untuk haji khusus, terdapat 594 jamaah yang menunda keberangkatannya dengan alasan sama. Belakangan mereka diganti atas usulan Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (PIHK).

"Tidak terdapat sisa kuota nasional untuk haji khusus," sambung Anggito.

Mantan Kepala Badan Kebijakan Fiskal ini menegaskan, proses penetapan jamaah haji yang berangkat maupun yang ditunda sepenuhnya dilakukan melalui sistem. Demikian juga pengisian terhadap kekosongan porsi dilakukan dengan cara memasukkan nomor urut porsi berikutnya secara otomatis.

"Bagi jamaah haji yang keberangkatannya tahun ini tertunda diharapkan agar menerima ketetapan dan bersabar menunggu keberangkatannya di tahun 2014 sambil mempersiapkan diri dan mendalami manasik haji," pesannya.

Informasi calon jemaah haji atau yang ditunda keberangkatannya dapat diakses melalui www.haji.kemenag.go.id atau melalui Call center Haji : 500425

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger