Muslim di Inggris redam permusuhan dengan Sepakbola, teh, dan biskuit

Masjid di York, Inggris memiliki cara ampuh untuk meredam kemarahan sentimen anti-Islam. Mereka dipuji karena melayani teh dan biskuit bagi pendukung Liga Pertahanan Inggris (EDL) yang ingin mengatur demonstrasi di masjid.

Cerita itu bermula saat sekitar enam orang muncul untuk memprotes masjid di Bull Lane, York, Ahad lalu. Namun, pihak masjid justru mengundang mereka masuk ke dalam kompleks masjid untuk bermain sepakbola dengan jamaah. Sekitar 100 jamaah datang ke masjid tersebut setelah mengetahui rencana demo EDL.

Uskup Agung York, John Sentamu mengatakan respon masjid tersebut sebagai hal yang fantastis. "Teh, biskuit, dan sepakbola merupakan hal luar biasa dan kombinasi di Yorkshire yang biasanya dapat meredam permusuhan dan pandangan ekstremis," ujarnya dikutip BBC.

Pastor Tim Jones yang pergi ke masjid Bull Lane tersebut mengatakan orang-orang di masjid merupakan warga yang cerdas dan penuh kasih sayang. "Saya pikir ini telah menunjukkan sejauh mana orang-orang itu memiliki keberanian baik fisik maupun moral," ujarnya.

Menurut dia, dunia bisa belajar dari apa yang terjadi di luar masjid tersebut. Sementara itu, anggota dewan Hull Road, Neil Barnes mengatakan kejadian tersebut merupakan momen yang membanggakan bagi York.

"Saya tidak akan pernah melupakan hari itu, Masjid York yang menangani kemarahan dan kebencian dengan kedamaian dan kehangatan," ujarnya.

"Dan, saya tidak akan melupakan melihat warga Muslim memberi teh dan biskuit bagi pengunjuk rasa dengan ketulusan," katanya lagi menambahkan.

Kekhawatiran atas demontrasi ada setelah EDL divisi Scarborugh di York memposting pesan di halaman Facebook yang menyerukan pendukungnya berkumpul di luar masjid.

"Kami kedatangan beberapa orang untuk memprotes tetapi ketika mereka datang, beberapa anggota masjid menemui dan mengobrol dengan mereka," ujarnya.

Kemudian, dia mengatakan beberapa orang membawa cangkir teh dan biskuit. "Mereka berbicara selama 30 atau 40 menit, kemudian mereka masuk, ini adalah hal yang benar-benar indah," ungkapnya.

Sumber: Republikaonline
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger