Harga Bawang Merah di Cirebon Naik Lagi

Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional Cirebon, Jawa Barat, pada Minggu kembali naik hingga Rp 45.000 per kilogram, padahal sempat turun di kisaran Rp33.000 per kilogram.

Rokiman, pedagang bumbu di pasar Jagasatru, mengatakan bahwa harga bawang merah kembali meroket kini dijual eceran tembus Rp 45 ribu per kilogram, akibat kekurangan pasokan dari petani setempat.

Harga bawang merah sebelumnya sempat mencapai Rp 60.000 per kilogram, kata dia, dan saat pasokan lancar sempat turun menjadi Rp 33.000 per kilogram. Namun, bawang kini harganya kembali melambung karena jumlah permintaan tidak sebanding dengan pasokan.

Haryati, pedagang lain, mengemukakan bahwa harga bawang merah di Cirebon masih belum stabil, kini dijual eceran Rp 45.000,  sedangkan harga grosir Rp40.000 per kilogram, dan kiriman dari petani belum bisa ditentukan.

Melambungnya harga bawang merah di Cirebon, kata dia, akibat gagal panen yang dialami sejumlah petani di saat kebutuhan pasar cukup tinggi.

Manajer Koperasi Nusantara Jaya yang menjadi salah satu pengelelola petani bawang merah di Cirebon, Mudatsir, mengatakan bahwa persediaan bawang merah dari petani berkurang karena hasil panen musim hujan menurun.

Harga bawang merah tingkat petani kini mencapai Rp32.000 per kilogram, katanya.

Namun, ia mengemukakan, untuk eceran bisa mencapai Rp45.000 per kilogram. Petani bawang diperkirakan mampu menambah produksi saat panen pada April 2013.

Bagi petani bawang merah di Cirebon, menurut dia, mahalnya harga bawang merah juga akan menyulitkan mereka membeli bibit yang kini sudah mencapai Rp 25.000 per kilogram.

Harga stabil, dinilainya, pada kisaran Rp10.000 di tingkat petani, karena petani lebih nyaman dibandingkan harga mahal juga menyulitkan konsumen dan melimpah bawang merah impor. Hal ini bisa mengakibatkan harga saat panen raya bawang menjadi jatuh di bawah biaya modal mereka.

Sumber: Antaranews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger