Importir: Makan Buah Lokal Bisa Diare

Pengusaha importir buah keberatan dengan larangan sementara impor beberapa jenis buah oleh pemerintah, dan mengatakan kebanyakan makan buah lokal bisa diare. Hal ini diprotes oleh Alumni Institut Pertanian Bogor (IPB).

Ketua Alumni IPB Said Didu mengatakan, pernyataan yang dilontarkan Wakil Ketua Gabungan Imporir Hasil Bumi Indonesia (Gisimindo) Bob B. Budiman melukai para petani buah lokal.

"Pernyataan Waketum Gismindo Ngawur. Selaku Ketua Alumni IPB sangat keberatan atas pernyataan Saudara Bob B. Budiman yang dimuat di detik bahwa jika mengkonsumsi buah lokal saja akan menyebabkan diare. Pernyataan tersebut pasti sangat melukai perasaan para petani buah dan pihak-terkait serta kami yang sedang menggerakkan masyarakat untuk mencintai produk petani terutama buah lokal," tegas Said Didu kepada detikFinance seperti dikutip Senin (28/1/2013).

Said mengimbau agar Bob Budiman meminta maaf atas pernyataannya dan berharap agar masyarakat tidak mempercayai pernyataan yang sangat tidak mendasar tersebut dan tetap konsisten hanya konsumsi buah lokal.

Sebelumnya, Bob menyatakan punya alasan tersendiri soal pernyataanya itu, menurutnya buah-buah lokal rasanya lebih dominan asem daripada rasa manis. "Ya karena rasanya kecut (asam), seperti Apel malang kan kecut, beda sama apel China atau Apel Washington yang rasanya manis dan lebih enak," ujar Bob.

Untuk itulah menurut Bob aturan larangan impor beberapa tersebut dianggapnya kontroversial. Beberapa konsumen di Indonesia masih memerlukan buah impor dengan pertimbangan kualitas lebih baik.

"Ini aturan kontroversial, konsumen mempunyai hak untuk mendapatkan buah yang berkualitas baik, kalau buah impor kualitasnya lebih bagus kenapa dilarang," ujarnya lagi.

Sebelumnya, pemerintah melalui menteri pertanian telah mengeluarkan Permentan No. 60 Tahun 2012 dan Permendag No 60/2012 soal impor hortikultura. ada 13 produk hortikultura yang tidak mendapatkan Rekomendasi Impor Produk Hortikultura (RIPH) untuk periode Januari hingga Juni 2013.

Berikut ini 13 produk hortikultura yang dilarang masuk sementara:
Kentang
Kubis
Wortel
Cabai
Nanas
Melon
Pisang
Mangga
Pepaya
Durian
Bunga Krisan
Bunga Anggrek
Bunga Heliconia

Sumber: Detiknews
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone

Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger