Gempa 5,0 SR dan 4,2 SR guncang Sumbar

Pariaman, Sumbar - Warga Kota Pariaman, Sumatera Barat merasakan gempa yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar berkekuatan 5,0 Skala Richter pada Kamis (11/9) dinihari.

"Gempa kekuatan 5.0 SR terjadi saat warga Pariaman sedang tertidur," kata Kepala BPBD Kota Pariaman, Azrizal, di Pariaman, Kamis.

Berdasarkan data Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa kekuatan 5.0 SR terjadi pada Kamis (11/9) sekitar pukul 00.46 WIB.

Pusat gempa berada di 0.5 Lintang Selatan, 100.53 Bujur Timur, 14 Km arah Barat Daya Kabupaten Tanah Datar, kedalaman 10 Km. Gempa tidak menimbulkan tsunami.

Ia menjelaskan, gempa yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar tersebut merupakan gempa darat, tidak berpotensi tsunami.

"Gempa tersebut merupakan gempa darat,"ungkapnya.

Gempa yang dirasakan warga Pariaman tersebut belum diketahui apakah telah menimbulkan korban jiwa ataupun kerusakan rumah penduduk.

"Belum diketahui dampak kerusakan yang ditimbulkan dari gempa yang terjadi di Kabupaten Tanah Datar tersebut," jelas Azrizal.

Ia mengatakan, gempa bumi tidak saja terjadi di Kabupaten Tanah Datar, namun juga terjadi di Kota Padangpanjang dengan kekuatan 4,2 SR.

"Berdasarkan data BMKG gempa berkekuatan 4.2 SR tersebut terjadi pada Kamis (11/9) sekitar pukul 00.52 WIB. Lokasi gempa berada 0.49 Lintang Selatan, 100.80 Bujur Barat atau 8 Km Tenggara Padangpanjang dengan kedalaman 10 Km, tidak menimbulkan tsunami," katanya.

Sumber: Antara
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger