Jakarta - Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengimbau, seluruh masyarakat agar menjadikan momentum Hari Keluarga Nasional (Harganas) untuk menyukseskan program keluarga berencana (KB).

"Melalui Harganas kita ingin mengingatkan masyarakat bahwa program KB terkait erat dengan keluarga yang berkualitas," ujarnya kepada ANTARA News di Jakarta, Minggu.

Dengan jumlah penduduk yang besar dan laju pertumbuhan penduduk yang tinggi, ia menilai, maka upaya untuk menyejahterakan seluruh masyarakat melalui peningkatan kualitas manusia dan keluarga menjadi lebih sulit.

"Karena itu, momentum peringatan Harganas ini saya berharap semua komponen bangsa ikut menyukseskan program kependudukan dan KB guna menciptakan penduduk yang sejahtera," katanya.

Menurut Agung, tanpa kerja sama berbagai pihak, maka kekhawatiran munculnya ledakan penduduk pada 2035 menjadi 450 juta jiwa bisa terjadi.

"Keadaan ini bisa mengancam pembangunan dan pencapaian bonus demografi," katanya.

Bonus demografi adalah posisi di mana penduduk dengan umur produktif di satu negara sangat besar sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak.

Jumlah penduduk yang tidak terkendali, dinilainya, bisa berpengaruh pada ketersediaan lahan, ketersediaan energi, dan lapangan pekerjaan, dan sejumlah hal lainnya.

Sumber: Antara
Sent from my AXIS Worry Free BlackBerry® smartphone
Share this article :
 
 
Support : Online Store | Indahnya Kebersamaan | Information Teknologi
Copyright © 2011. Indonesia Hari Ini - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger